Minggu, 10 Oktober 2010

Aqidah

Aqidah (1). Ini ada yg ingin penjelsn tentang beberapa hal;
1). IMAN. Bhw Allah benar2 ada dg segala ketentuanNya, hingga seluruh gerak hidup kita dlm aktivitas apapun, hanya demi dan atas namaNya (ini kesadaran bersayahadat).
2. Nabi MUHAMMAD adalah  manusa penyempurna info tentang segala aturan Allah dalam kehidupan, shg hanya ajaranya yg boleh qt ikuti unt mnuju Allah.
3) Alquran adala kebenaran sejati,bentuk sempurna dr kitab2 sebelumnya yg isinya sdh lgkp ttg sgl sisi khdpn dunia- akhirt.
4) ada lg jnis kebenarn org bnyk dn kbenarn diri sndr. qt yg tlh diamanati Allah sbg khalifh, bertggjwb pnuh ats tercptax keseimbgn hdp jsmani-ruhani isi dunia, dg brpegang pd kbenaran hakiki. Bkn smata2 krn cocok dg anggapn umum (dmokrasi), apalg cuma ats dsr kbenarn versi diri sndr.
5) Org baik bknlh org yg g prnah slh, tp yg bs bljr dr ksalhn. Kata nabi,Org beruntg adl yg hr ni lbh baik dr kmrn. Yg hr ni=kmarn, dialh org rugi. Dan kl hr ni lbh burk dr kmrn, dialh org celaka.Naudzubillah.

Aqidah (2). Demi kehati2an dlm ibadh, seorg jmah konfirmasi dlm talim, apkh wirid bismillah itu ada haditsx. Qt jwb bhw yg ada adl hadits,Tiap perbuatn baik yg tdk didahului dg bc basmallah mk akn sia2 belaka. Adapun amalan yg sftnya wirid, mslx hrs dibc sekian kali di saat2 ttt, ini yg tdk ada tuntunan haditsx. Jd kl ingn dpt keberkahan dr basmallah, ckup istiqomah ikuti ptunjuk Rasul saw yakni membc basmallah tiap hendak melakukn suatu pkerjaan baik. Mslx mkn, jualan, krj cari nafkh klrg, dsb. Insya Allah..

Aqidah (3). Ada sudarax yg akn adakn slamatn 1rb hr kmatian ortu dn rncna akn dibarengkn dg aqiqah putrax, seorg jmah tnya, Gmn Tadz, blhkah ini? J : Bgini, krn ritual selamatn kematian itu tdk dikenal dlm hkum syara (bhkn trmsk bidah kl diyakini sbg acara yg terkait dg mendptkn pahala, yg krnx mk trmsk ibadah dn pdhl tdk ada tuntunanx). Kl hrs dibarengkan dg acara aqiqah, mk itu sftx numpang sj. Ritual resmix / yg pokok adl aqiqah itu. Tp andai bs, lbh afdolx hal yg mmg sahih mrpkn ritual ibadah (dlm hal ini aqiqah) tdk dikotori oleh yg subhat (cenderung terlrg) apalg yg haram. Dmikian Akhi, barokallohu lie walaka.

Aqidah (4). Mhsiswi d jmber tanya, Ustadz, lbih utama mana org mskin yg brsbr dg org kya yg brsyukur? J: insyAllah keduax sgt utama. Syukurx org kaya akn brdampak pd kemaslahatn yg sgt luas. Lg pula, anjuran2 islm lbh mendorong unt hdp lbh berdaya (kuat), trmsk dlm hal ekonomi. Konsep2 kdisiplinan srt anti kemalasn dlm islm jg mengarah pd kefarduan umat islam unt tdk tggelam dlm kemiskinan yg sgt dkt dg kekufurn. Di sisi lain, kesbran org miskin jg mnempati keutamaan tersndr dimn ia tdk berpeluang terjrumus olh dahsyatx tipuan hrta benda dn kelak di hari kiamat tdk trbebani olh rumitx pertggjwbn yg dtail. Org2 miskn (masakin) yg sbr mnempati kdudukn istimewa di hati Rasul. Bhkn Rasul saw mengkhususkn doa agr dirix tetap jd org miskin di dunia, bs sll berksh syg dg masakin, mati dlm keadaan miskin, dihisab sbg dn bersm masakin, srta msk surga dg mdh bersm masakin. Mk wahai dulur, tdk ada alasan berkcl ht cuma krn miskin harta. Wallahualam

Aqidah (5) Mahasiswi jurusn syariah tnya, Apa blh dlm berislam ini qt ambil hkum yg ringn2 sj dr 4 mahdzab yg ada ini? J : Blh. Perbdaan ke-4 imam mahdzab itu cuma sbtas pd khilafiyah, bkn pd tatarn aqidah serta bidah. Jd blh qt ambil dr ke 4 nya yg plg qt mantap melakukanx. Msl shalat subuh imam syafii pakai qunut,tp sekali wkt atau scr permanen qt ikut imam hanafi tdk pakai, tdk apa2.jg dlm hal2 lain. Perlu dipahami unt diwaspadai bhw ke 4 imam ini tdk ada beda pndpt dlm hal batasn bidah,yaitu sgl bentuk ritual pribadatn yg sm skali g da landasn cnth dr arRasul dn pr sahabt. Ke-4 imam spakat bhw ada kaifiyah ibadh yg muqoyyad (tlh diatur tata carax) dn tdk, tp tetap dlm batasn ibadh yg mmg dituntunkn olh Rasul saw.

Aqidh (6). Slg mendoakn bg kbaikn sesama mukmin adl bgian dr nafas peribadatn dlm Islam. Nmun konsep ini kdg dikburkn olh tradisi brkirim pahala kpd org mati. Seorg jmah tanya,Bgmn status hkum org yg kirim pahala ats bacaan Surah Yasin kpd org lain yg sdh mati?J : Konsep kirim hadiah pahala kpd org mati dr amaliyah ibadah org lain yg msh hdp tdklah ada tuntunan syarix. Bhkn QS. 42:21 tlh mendsri keharaman sgl bentuk ibadah yg tnp ada perintah unt melakukanx. Amaliyah baik seseorg akn berimbas pd pnambahan pahala bg si mati jk si pelaku kbajikan itu adl ank shaleh dr si mati sndr, krn pd hkekatx ank shaleh tsb adl buah di2kn baik ortux shg jgnkan bc quran, si ank shaleh shodaqoh senyum sj pd orla, mk ortu yg tlh mati dpt aliran pahala jg. Wallahualam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar